CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 18-01-2022 16:33:57

Dilihat : kali

Bagi kebanyakan orang Indonesia, tidak makan nasi berarti tidak makan. Padahal, ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang membatasi konsumsi nasi, seperti penderita diabetes. Alternatifnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa disantap sebagai pengganti nasi. Apa pun? Simak pembahasannya di bawah ini

Padahal, pilihan pengganti nasi tidak sulit ditemukan. Bahkan, beberapa makanan diketahui sama bergizinya dengan nasi. Pengganti nasi yang paling terkenal adalah kentang. Namun, selain kentang, ada beberapa jenis makanan lainnya.

Baca juga: 4 Jenis Nasi Sehat yang Akan Menggantikan Nasi Putih

Menemukan Pengganti Beras yang Sehat
Nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. "Makanan wajib" ini tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga membantu meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi nasi. Selain itu, para pelaku diet juga umumnya membatasi konsumsi nasi sehari-hari.

Nah, untuk tetap bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda, Anda bisa mencoba beberapa jenis pengganti nasi seperti:

1. Kentang

Kentang sering digunakan sebagai pengganti nasi. Kedua makanan ini mengandung karbohidrat, namun kentang mengandung nutrisi yang lebih penting. Satu kentang mengandung vitamin B6, C, potasium, protein, omega-3, omega-6 dan zat besi.

Selain itu, kentang juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Makan kentang juga bisa membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Dapat membantu mengontrol berat badan, bahkan menurunkan berat badan.

2. Jagung

Selain kentang, Anda juga bisa mengganti nasi dengan jagung. Makanan ini juga bisa menyumbangkan sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Jagung mengandung vitamin B1, B3, B5 dan B9 (asam folat). Pengganti nasi ini juga kaya akan serat, magnesium, vitamin C dan fosfor.

3. Ubi jalar

Nasi juga bisa diganti dengan ubi. Ada banyak cara untuk mengolah produk ini: bisa direbus, dikukus atau digoreng. Ubi jalar juga bisa dicampur dengan bahan makanan lain. Ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang beragam mulai dari betakaroten, vitamin A, B6, C, potasium, dan tinggi serat. Dengan berbagai nutrisi tersebut, ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, dan kesehatan jantung.

4. Singkong

Mendapatkan singkong tidaklah sulit. Selain rasanya yang enak, singkong juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Nilai gizi singkong mirip dengan kentang. Namun, singkong mengandung bahan kimia glikosida sianogenik, yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Untuk lebih amannya, pastikan untuk membersihkan singkong secara menyeluruh sebelum dikonsumsi. Ini penting untuk mencegah keracunan sianida.

Mengganti nasi dengan makanan yang tercantum di atas mungkin disarankan, tetapi sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter atau ahli gizi Anda terlebih dahulu. Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Propolis Kids Honey Madu Penambah Nafsu Makan Menjaga Kesehatan Anak

Posting by Admin

Propolis Kids Honey Madu Penambah Nafsu Makan Menjaga Kesehatan Anak

Propolis Kids Honey Madu Penambah Nafsu Makan Menjaga Kesehatan Anak Propolis Kids Honey Diformulasikan dari herbal-herbal berkualitas dan Extract Propolis 50% untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami dan membantu kecerdasan otak anak. Komposisi : * Madu * Propolis * Curcuma xanthoriza * Phyllantus urinaria * Centella asiatica * Omega 3 * Nigella sativ



40 Kali