CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 19-01-2022 08:36:27

Dilihat : kali

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kacang panjang. Sayuran dengan nama latin Vigna unguiculata ini sering menjadi sayuran yang menghiasi meja makan restoran. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di pasaran.

Kacang panjang cukup mudah diolah sebagai lauk, dibuat sup atau tumis, rasanya tetap enak. Karena itu, sayuran ini cukup populer. Namun, tahukah Anda bahwa buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kandungan dan manfaat kacang panjang, Anda bisa menyimak fakta menarik berikut ini:

Kacang panjang pertama kali dikenal dari Afrika.
Sayuran ini bisa dipanen setelah 50 hari.
PH tanah yang paling cocok untuk pertumbuhan adalah 5,5 – 6,5.
Kacang panjang dapat tumbuh dengan baik pada suhu 18-32°C.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman legum ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut didapat berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Berikut kandungan yang terkandung dalam 100 gram (g) kacang panjang rebus:

Energi: 39 kalori
Air: 88,2 g
Protein: 3 gram
Serat: 1,7 g
Karbohidrat: 7,6 g
Vitamin C: 20 miligram (mg)
Kalsium: 100 mg
Beta karoten: 131 mikrogram (mcg)
Kalium: 100 mg
Fosfor: 91 mg
Natrium: 28 mg
Vitamin B2 (riboflavin): 0,1 mg
Niasin: 0,3 mg
Kandungan nutrisi yang melimpah pada kacang panjang akan memberikan berbagai manfaat jangka panjang bagi tubuh. Selain meredakan nyeri haid, ada juga manfaat lain yang bisa Anda dapatkan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesuburan dan Peluang Kehamilan
Sayuran hijau panjang ini merupakan sumber zat besi yang baik. Harvard Medical School juga menyarankan bahwa mengonsumsi kacang panjang, dan sayuran hijau lainnya yang kaya zat besi dapat meningkatkan kesuburan.

Penting juga bagi ibu hamil untuk mengetahui bahwa asam folat yang cukup dapat melindungi janin dari pertumbuhan yang tidak sempurna. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Anda bisa mengonsumsi kacang panjang secara rutin.

2. Mengatasi Depresi
Memenuhi kebutuhan asam folat harian, dapat membantu mengatasi depresi. Fungsi asam folat adalah untuk mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh.

Terlalu banyak homocysteine ​​​​dapat menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak. Sehingga dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Mengkonsumsi vitamin K secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tulang, tujuannya untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Sayuran hijau yang termasuk dalam kelompok kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif untuk memenuhi 4% AKG kalsium seseorang.

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi kacang panjang secara langsung dan bukan dari suplemen adalah cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi.

4. Meringankan Nyeri Haid
Sayuran ini dapat meredakan nyeri dan kram saat menstruasi. Manfaat tersebut berasal dari kandungan mineral mangan yang berperan dalam siklus reproduksi wanita. Selain itu, mood atau suasana hati juga bisa membaik saat menstruasi.

5. Kulit Sehat
Kandungan vitamin C di dalamnya membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti mencerahkan wajah dan memperlambat penuaan.

Selain itu, vitamin C dalam kacang panjang juga berperan dalam mencegah masalah kulit dan mencegah kanker kulit.
6. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tahukah Anda bahwa kacang panjang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? Sifat-sifat ini membantu menjaga kesehatan jantung dengan mencegah peradangan pada pembuluh darah.

Selain itu, satu porsi 100 gram mengandung 12% RDA, selain tinggi nutrisi, sayuran ini juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam darah.

7. Menjaga Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh dari virus diatur oleh imunitas tubuh, penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh jika imunitas kita terjaga dengan baik.

Kandungan vitamin B5 yang terkandung dalam kacang ini mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit bakteri.

8. Mencegah Risiko Stroke
Stroke dapat terjadi ketika suplai darah ke otak tidak lancar atau tersumbat. Jika suplai oksigen juga berhenti, sel-sel otak bisa berhenti berfungsi.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan dari otak adalah vitamin B6, vitamin ini dapat ditemukan pada kacang panjang. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

9. Mencegah Anemia
Anemia dapat terjadi ketika seseorang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Efek sampingnya dapat berupa nyeri dan pusing serta kelemahan yang berkepanjangan. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan zat besi.

Untuk mencegah anemia, Anda bisa mengonsumsi sayuran kaya zat besi seperti kacang panjang, tujuannya untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

jasa laundry terdekat Halim Perdana Kusuma

Posting by Admin

jasa laundry terdekat Halim Perdana Kusuma layanan laundry ini tidak hanya membantu membersihkan baju kotor saja , tetapi juga untuk berbagai barang barang pribadi lainnya . usaha usaha cuci ini memberikan layanan customer sepanjang hari yg akan membantu sewaktu waktu untuk keperluan keluarga atau tempat bisnis andaManfaat Kacang Panjang seobaca seowa



62 Kali