CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 19-01-2022 08:59:31

Dilihat : kali

Tempe merupakan salah satu bahan pangan yang tinggi protein dan gizinya. Di Indonesia, tempe merupakan makanan khas yang banyak digemari dan disantap.

Secara alami, tempe mudah ditemukan di Indonesia, misalnya di pasar, pedagang sayur keliling dan supermarket.
Tempe biasanya diolah dengan cara digoreng atau dipanggang dan disajikan sebagai lauk.

Tempe dibuat dari kedelai yang kemudian difermentasi dengan Rhizopus oligosporus atau ragi tempe. Kandungan tempo yang baik memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mungkin sedikit orang yang tahu bahwa tempe memiliki banyak manfaat kesehatan di balik rasanya yang lezat. Tentu saja penting untuk mengetahui manfaat tempe bagi kesehatan.
1. Menurunkan Kolesterol
Kadar kolesterol darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sedangkan tempe yang terbuat dari kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon.

Isoflavon menurunkan kolesterol jahat, atau LDL. Senyawa niasin dalam tempe juga dianggap sebagai agen pengontrol kolesterol.

Dalam studi 2011 oleh para peneliti di University of Kansas Medical Center, suplemen niasin ditemukan sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol secara alami, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol LDL.

2. Mencegah osteoporosis
Tempe kaya akan kalsium dan vitamin K. Kedua bahan ini dikenal dapat meningkatkan pembentukan tulang. Proses fermentasi tempe juga meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lain dalam kedelai.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tempe sangat cocok untuk penderita osteoporosis yang membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Dengan asupan kalsium dan vitamin K yang cukup, penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Selama fermentasi kedelai dan ragi, terbentuk asam fitat dan berbagai jenis bakteri menguntungkan, salah satunya adalah probiotik. Probiotik bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, probiotik dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus. Dengan probiotik, tubuh dapat dengan mudah memecah nutrisi dan dapat membantu meningkatkan pencernaan.

4. Menurunkan kadar gula darah
Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes juga bisa disebabkan oleh makan makanan yang tidak sehat dan terlalu manis.

Penderita diabetes perlu mendapatkan jumlah insulin yang tepat untuk dapat memproses gula dalam darahnya. Mangan merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Mangan sangat penting untuk produksi enzim pencernaan yang membantu proses glukoneogenesis. Tempe kaya akan mangan, protein, dan vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Dapat Mencegah Kanker
Kanker dapat disebabkan oleh sel-sel abnormal yang terus bermutasi dan menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna. Proses ini menyebabkan adanya jaringan yang dapat merusak jaringan sel sehat lainnya.

Senyawa polifenol dan isoflavon bertanggung jawab untuk menghambat produksi sel kanker oleh pembuluh darah. Studi lain menemukan bahwa asupan isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan angka kematian pada wanita dengan kanker payudara.

Faktanya, penelitian ini mengklaim bahwa produk kedelai, termasuk tempe, tampaknya paling aktif dan efektif dalam mengurangi angka kematian di kalangan wanita.

6. Mencegah Asma
Tempe kaya akan serat, yang diketahui mempengaruhi kesehatan paru-paru. Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh bagaimana serat dan asam lemak memasuki aliran darah.

Serat memainkan peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan yang terkait dengan respons pernapasan.

7. Mengurangi risiko penyakit Parkinson
Niasin adalah senyawa mirip vitamin yang berperan penting dalam kesehatan otak dan gangguan saraf lainnya. Orang yang sering mengonsumsi niasin dapat mengurangi risiko depresi, kelelahan, dan anemia.

Penyakit parkinson ditandai dengan kelainan pada sistem saraf pusat. Kerusakan saraf ini menyebabkan penurunan kadar dopamin dalam tubuh.

Kandungan niacin pada tempe dapat membantu memperbaiki sel dan mengurangi risiko penyakit parkinson.

Sabun Bidara Terapi Ruqyah Al Afiah

Posting by Admin

Sabun Bidara Terapi Ruqyah Al Afiah

Sabun Bidara Terapi Ruqyah Al Afiah Sabun bidara ukuran 70 gram Daun bidara sebetulnya sudah lama di gunakan untuk mengatasi masalah kulit dankecantikan. Bahkan orang-orang jaman dahulu di China dan India sering menggunakan daun bidara untuk menyembuhkan luka bakar dan penyakit diabetes.Sedangkan untuk kecantikan, daun bidara sangat baik



37 Kali